Yuk, Kenali Jenis dan Spesifikasi Bar Bender

Jenis dan Spesifikasi Bar Bender

Dalam membangun sebuah bangunan, diperlukan adanya alat-alat menunjang yang dapat membantu bangunan itu jadi dengan bagus, cepat, dan sesuai rencana.

Baja termasuk bahan bangunan inti yang cukup rumit pengaplikasiannya. Baja harus memiliki ukuran dan lengkungan yang tepat. Salah satu alat menunjang yang dapat membuat baja memiliki ukuran dan bentuk yang sesuai adalah bar bender.

Bar bender merupakan alat yang digunakan untuk membengkokkan baja atau besi tulangan ke berbagai macam sudut sesuai dengan rencana konstruksi yang telah ditetapkan. Bar bender juga digunakan untuk menekuk beton atau besi ulir dengan diameter tertentu sesuai kapasitas dan spesifikasi bar bender.

Cara kerja bar bender adalah memasukan baja yang akan dibengkokkan di antara poros bengkok dan poros tekan kemudian sudutnya diatur sesuai dengan sudut bengkok dan arah bengkok dan panjang pembengkokkan yang diinginkan. Ujung tulangan baja yang diletakkan di poros pembengkok kemudian dipegang menggunakan kunci pembengkok, setelah itu ditekan sehingga roda yang dapat membengkokkan akan berputar sesuai dengan sudut, arah, dan panjang pembengkokkan yang diinginkan. Sejatinya spesifikasi bar bender jenis apapun dapat menentukan sudut pembengkokkan baja dengan sangat mudah, sederhana, dan rapi.

Jenis dan Spesifikasi Bar Bender

Bar bender memiliki beberapa jenis yang memiliki fungsi masing-masing, jenis bar bender di antaranya:

1. Bar bender manual

Bar bender jenis ini dioperasikan manual oleh pekerja. Biasanya dilakukan untuk membengkokkan besi atau baja di lokasi bila besi atau baja kecil atau tambahan yang akan dipasang tidak sesuai. Ukuran bar bender manual relatif lebih kecil.

2. Bar bender listrik

Bar bender jenis ini dioperasikan menggunakan tenaga listrik dan biasanya digunakan untuk membengkokkan besi atau baja tulangan pokok atau utama. Ukuran bar bender ini lebih besar dan memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan bar bender manual.

Sejatinya, spesifikasi bar bender maksimal batas pembengkokkan besi atau baja tulangan adalah berdiameter 40 mm, 45 mm dan 52 mm. Jika Anda menggunakannya di luar diameter yang ditentukan, hal itu dapat mempengaruhi kinerja mesin dan hasil pembengkokan. Dalam menggunakan bar bender perlu juga kehati-hatian, seperti menempatkan lokasi pembengkokkan dekat dengan generator set dan dilakukan di lapangan terbuka. Karena jika ada orang yang melewati/mendekati area bar bender saat sedang bekerja, dapat dimungkinkan terjadi kecelakaan. Hal itu sudah dijadikan pelajaran oleh orang-orang kontraktor agar tidak ada lagi korban.

Harga Bar Bender

Harga bar bender sangat variatif tergantung spesifikasi bar bender dan kualitas yang ditawarkan.  Umumnya harga satu set bar bender sekitar 7.700.000 hingga 10.000.000. Saat ini kita sudah difasilitasi oleh internet di mana kita bisa membandingkan harga bar bender dari yang paling murah hingga mahal, disertai dengan kualitas tertentu yang dapat kita pertimbangkan.

Jasa Sewa Bar Bender

Selain membeli, banyak juga perusahaan yang menawarkan jasa sewa bar bender. Jasa sewa lebih sering digunakan karena tidak selamanya setiap orang membutuhkan bar bender, maka orang lebih memilih menyewa sampai proyek bangunan selesai lalu dikembalikan lagi kepada jasa penyewaan. Selain itu, menggunakan jasa sewa bar bender juga memiliki kelebihan seperti disediakannya perawatan khusus oleh jasa penyewa bar bender hingga pelayanan antar alat ke lokasi yang Anda tentukan.

Harga sewa bar bender sangat variatif sesuai dengan spesifikasi bar bender dan jasa penyewaan. Umumnya biaya sewa bar bender dipatok sekitar 9.000.000 hingga 10.000 juta perbulan (biaya sudah termasuk perawatan dan jasa antar). Jika yang Anda inginkan merupakan spesifikasi yang lebih baik, maka harga pun dapat lebih tinggi dari itu.

You May Also Like