Tingkatkan Trafik Kunjungan dengan Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly

Sebelum bicara lebih jauh mengenai hal ini, mungkin Anda harus paham benar apa itu SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian proses sistematis yang tujuannya untuk meningkatkan trafik kunjungan situs melalui mesin pencari dengan memanfaatkan algoritma (mekanisme kerja) mesin pencari tersebut. Penggunaan SEO ini nantinya akan memengaruhi reputasi situs dan menempatkannya di halaman pertama atau bahkan teratas mesin pencari.

Lalu bagaimana cara membangun SEO tersebut? Cara beragam, mulai dari SEO on-page dan off-page. SEO on-page dilakukan dengan cara membangun situs dari dalam situs itu sendiri, seperti konten, desain web, dan lain sebagainya. Sedangkan SEO off-page dari luar situs, bisa dengan cara menambahkan backlink, iklan, atau promosi di sosial media. Namun, yang jelas keduanya ini harus dikombinasikan supaya hasilnya maksimal.

Nah, di sinilah yang akan dibahas perihal SEO on-page, yang mana salah satu komponen di dalamnya adalah pembuatan konten yang berkualitas. Konten atau artikel ini disusun berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga saat pengunjung memasukkan kata kunci yang sesuai dengan keyword konten Anda, dalam kolom pencarian mesin pencari (Google misalnya), maka artikel situs akan muncul.

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO Friendly?

Di sinilah masalahnya. Masih banyak orang yang terlalu memaksa keyword dalam membuat artikel. Padahal bisa jadi keyword itu tidak sesuai dengan kalimatnya. Alhasil kalimat menjadi tidak enak dibaca dan pengunjung malah bingung dibuatnya. Supaya lebih jelas, berikut langkah bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly sehingga bisa meningkatkan trafik.

1. Utamakan Pengalaman Pengguna

Di antara sekian banyak cara membuat artikel SEO friendly, poin inilah yang paling penting dan tidak boleh Anda abaikan karena melibatkan pengguna (pengunjung) itu sendiri dalam meningkatkan reputasi situs. Pengalaman pengguna merupakan aktivitas serta respons pengguna saat mereka menjelajahi situs, mulai dari respons terhadap konten yang dibaca, jumlah halaman yang dibuka, konten mana yang diklik, berapa lama berada di sana, dan lain sebagainya. Intinya semakin lama pengunjung berada di sana, maka semakin berkualitas isi situs tersebut. Namun, hal-hal seperti typo, jenis dan ukuran font, desain situs, kecepatan loading, navigasi, dan hal semacamnya juga menjadi faktor yang memengaruhi pengalaman pengguna.

2. Buat Judul yang Klikbait

Tidak ada salahnya menggunakan judul yang klikbait, asal itu sesuai dengan isi konten. Karena judul yang biasa saja tidak akan membuat orang tertarik membaca atau bahkan hanya sekadar mengklik judulnya. Jadi, ya pintar-pintarnya Anda saja bagaimana cara membuat judul yang bisa mengundang klik.

3. Masukkan Kata Kunci di Judul

Kata Kunci di Judul

Dalam membuat artikel SEO friendly, Anda wajib memasukkan keyword pada judul karena judul menentukan topik artikel. Bisa saja Anda mengabaikan hal itu, tapi sama saja dengan menyuruh mesin pencari untuk menebak tema tulisan. Nah uniknya, peletakan keyword di judul ini juga berpengaruh lho. Semakin (keyword) berada di awal kalimat, semakin baik. Namun, pastikan peletakannya sudah tepat supaya enak dibaca.

4. Perhatikan Kualitas Konten

Saat menulis artikel usahakan untuk tidak terlalu bertele-tele (out of topic) karena ini dapat membuat pengunjung bosan dan meninggalkan halaman. Sebaliknya utarakan maksud konten secara mendalam dan jelas. Tidak masalah seberapa panjang yang penting adalah kejelasan dalam artikel tersebut.

Itulah beberapa cara membuat artikel yang SEO friendly. Pahami dengan benar, dan jika belum mengerti sebaiknya langsung cari jasa SEO murah bergaransi.

You May Also Like