Sejarah Singkat, Perkembangan dan Perbedaan Dua Jenis Alamat WordPress

Sejarah Singkat, Perkembangan dan Perbedaan Dua Jenis Alamat WordPress

WordPress bagi kalangan yang akrab dan selalu berkecimpung dalam dunia internet tentu bukan kata yang asing lagi. WordPress merupakan aplikasi open source yang dapat dibuat hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti database MySQL an PHP. Artinya, WordPress merupakan semacam tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website. Bahkan tidak sedikit jasa pembuatan website yang menggunakan WordPress untuk memfasilitasi konten websitenya.

Adapun peran WordPress dalam dunia website adalah membuat blog yang bahkan hingga saat ini masih sering digunakan oleh para blogger. Peran lain, WordPress kerap digunakan untuk menyimpan jenis-jenis portofolio seperti gambar, dan lain-lain oleh para freelancer. Peran lain yang cukup penting dari WordPress adalah WordPress kerap digunakan oleh perusahaan maupun lembagai tertentu untuk membuat website yang aman.

Sejarah dan Perkembagan WordPress

Adapun sejarah WordPress ini cukuplah panjang, dari mulai lahirnya pada tahun 2003 yang dikembangkan oleh Mike Little dan Matt Mullenweg yang merasa kesulitan karena tidak ada media publishing secara online. Kemudian akhirnya pada tahun 2004, dua orang developer ini meluncurkan WordPress versi pertama. Versi pertama dari WordPress sangatlah sederhana hingga saat ini terus menerus dikembangkan walaupun masih ada fitur yang dipertahankan dari awal oleh editor WordPress.

Hingga akhirnya dari tahun ke tahun WordPress terus mengalami pengembangan dengan fitur-fitur canggih di dalamnya, bahkan hingga saat ini WordPress telah memiliki dua alamat yang berbeda yaitu WordPress.com dan WordPress.org di mana keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat signifikan. WordPress.com biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki blog milik pribadi sekaligus alamat website dengan cara yang cepat. Sedangkan WordPress.org adalah jenis WordPress yang ditunjukkan untuk pengguna yang menginginkan adanya modifikasi sesuai kebutuhan sendiri serta menggunakan alamat situs sekaligus server pribadi. Biasanya WordPress.org ini yang kerap disediakan oleh jasa pembuatan website Jakarta maupun kota lainnya.

1. WordPress.com

WordPress.com dapat digunakan oleh pengguna yang lebih individu tanpa harus melewati proses instalasi yang cukup sulit. Kelemahan dari alamat ini adalah pengguna tidak dapat mengubah template dasar dan standar yang telah diterapkan.

2. WordPress.org

Kebalikan dari WordPress.com, alamat WordPress.org ini harus melewati proses instalasi yag cukup sulit, namun semua fiturnya dapat dikuasai dan dimodifikasi dengan sangat leluasa sehingga semakin memudahkan penggunanya.

You May Also Like