Salah Pilih Kertas Auto Ditolak. Ini Dia Pilihan Kertas untuk Skripsi yang Paling Sesuai

Salah Pilih Kertas Auto Ditolak. Ini Dia Pilihan Kertas untuk Skripsi yang Paling Sesuai

Mahasiswa terutama calon sarjana S1 pasti tidak asing lagi jika mendengarkan kata skripsi. Suatu karya ilmiah yang wajib dikerjakan sebagai tugas akhir mahasiswa sebelum wisuda. Bisa dibilang di sinilah letak ujiannya bagi para mahasiswa, sebab waktu kelulusan tergantung dari kualitas skripsi yang dibuat.

Pertimbangan memilih kertas untuk skripsi

Banyak sekali aspek-aspek yang mendasari kelayakan sebuah karya ilmiah ini, salah satunya adalah pemilihan ukuran kertas yang sesuai, paling umum digunakan adalah kertas HVS a4, selain itu penggunaan objek gambar dan warna turut jadi perhatian. Oleh sebab itu gunakanlah printer berkualitas agar hasil print terlihat bagus, jika menggunakan jasa printer biasanya harga print warna a4 per lembarnya dibanderol sekitar Rp 1.000 – Rp 3.000 tergantung dari daerah dan jenis alat printnya sangat murah seperti di warujayaprinting .

Saat menulis skripsi di word tidak masalah jika anda menggunakan default kertas berukuran apa saja, yang penting ketika selesai dan hendak di print anda harus mengubahnya ke ukuran standar. Tidak selalu harus menggunakan kertas a4, anda juga bisa menggunakan ukuran kertas lain yang hampir sama seperti  A0, B5, B4 dan lain sebagainya.

Paling sering digunakan untuk menulis skripsi adalah kertas HVS, namun di beberapa fakultas ada juga yang menggunakan kertas kuarto yang sedikit lebih besar dari kertas HVS a4, ukuran kertas dengan ketebalan 80 gsm dianggap paling baik dan pas sebagai media penulisan karya ilmiah akhir mahasiswa ini.

Dalam sebuah skripsi tidak hanya berisi tentang tulisan hasil penelitian saja, penambahan gambar seperti foto saat survei, atau objek-objek tertentu sebagai pendukung bisa menjadi nilai tambah sekaligus penguat hasil penelitian anda.

Supaya tidak monoton hanya berwarna hitam anda bisa menambahkan warna lain dengan tujuan penegasan kalimat. Jangan khawatir soal harga walaupun print warna hitam lebih murah ternyata harga print warna tidak terlalu mahal paling beda Rp 500 – Rp 1.000 per lembarnya.

Agar warna tidak berubah saat dicetak sebaiknya menggunakan printer berkualitas, jika tidak punya anda bisa pergi ke tempat percetakan atau fotocopyan. Biasanya untuk harga print warna dihitung perlebar. Ukuran gambar yang akan dicetak harus diperhatikan, jangan terlalu besar dan kecil. Jika ada beberapa objek lebih baik ukurannya selaras agar terlihat lebih rapi.

Tips mengatur hasil ketikan skripsi dengan fitur word agar tidak ditolak dosen :

  1. Pilih ukuran kertas a4 melalui menu toolbar => Layout => A4.
  2. Ukuran font isi 12. Judul 14 px bold, sub judul 12 px bold.
  3. Jenis Font Times new roman atau arial.
  4. Atur line spaci menjadi 1.5.
  5. Atur margin atas 4, bawah 3, kiri 4, kanan 1.