5 Perbedaan Roller Blind dan Gorden

Urusan dekorasi rumah seringkali membuat orang menjadi bingung. Hal itu karena setiap perabotan atau ornamen yang digunakan harus dipertimbangkan secara detail agar lebih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu yang biasanya bikin galau adalah pemilihan penutup jendela; apakah menggunakan roller blind atau gorden. Nah, kalau kamu sedang mengalami kebingungan yang sama, itu berarti kamu harus membaca tuntas ulasan berikut ini tentang perbedaan antara windowblind berjenis roller atau tirai gulung dengan gorden. Semakin kamu tahu, maka semakin tepat pilihan untuk penutup jendela rumahmu.

Perbedaan Roller Blind dan Gorden

Perbedaan Roller Blind dan Gorden

Meskipun roller blind dan gorden sangat berbeda, orang awam biasanya menyederhakan penyebutannya menjadi gorden saja. Padahal, ada beberapa perbedaan cukup signifikan di antara keduanya. Bukan hanya dalam hal bahan, melainkan juga berkaitan dengan kegunaan dan kebutuhan dari pemilik rumah. Agar kamu tidak bingung lagi memilih di antara keduanya, langsung saja simak penjelasan berikut ini!

1. Proses Pemasangan

Roller Blind atau tirai gulung lebih mudah pemasangannya daripada gorden. Orang yang sudah terbiasa memasang tirai gulung biasanya hanya menghabiskan waktu 15-20 menit untuk menuntaskan pemasangannya. Bahan yang digunakan lebih mudah diatur, kemudian tinggal dikaitkan dengan pengait di ujung rel yang sudah terpasang. Sedangkan gorden cenderung lebih susah pengaplikasiannya karena menggunakan bahan kain yang cukup lebar dan seringkali terlipat tidak beraturan. Pengaitnya juga lebih banyak, sehingga butuh waktu lebih lama untuk memasangnya.

2. Bentuknya

Bentuk tirai gulung bisa bermacam-macam. Ada yang menutup sempurna dan ada juga yang memiliki celah-celah untuk memasukkan cahaya dari luar jendela. Lain halnya dengan gorden yang pasti terbuat dari kain untuk menutup seluruh bagian jendela sehingga tidak memungkinkan cahaya saat gorden ditutup. Hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah kamu menginginkan cahaya masih bisa masuk sekalipun jendela ditutup atau justru ingin meminimalisasi masuknya cahaya.

3. Bahan

Bahan yang digunakan untuk membuat tirai gulung cukup beragam. Ada yang terbuat dari plastik, vinil, aluminium, atau kayu yang berlapis polimer. Pastinya bahan yang dipakai akan mempengaruhi harga roller blind murah yang kamu pilih. Sedangkan kalau gorden selalu menggunakan bahan kain. Tinggal kamu pilih jenis kainnya dan tingkat ketebalan berdasarkan kebutuhan di ruangan. Semakin tebal jenis bahan gorden, maka semakin kecil kemungkinan cahaya bisa masuk ke dalam ruangan.

4. Pembersihan

Karena gorden menggunakan kain yang relatif lebar, wajar saja jika pembersihannya lebih sulit. Untuk membersihkan gorden kamu perlu menggunakan jasa laundry atau mencucinya sendiri namun dengan usaha ekstra. Itu karena debu dan kotoran bisa menempel lebih banyak pada sisi maupun lipatan-lipatan kain gorden. Sedangkan kalau kamu menggunakan tirai gulung, pembersihannya cukup mudah. Bisa langsung dilap dengan kain basah atau tisu, maka tirai sudah kembali bersih seperti semula.

5. Tingkat Kekedapan

Ruangan yang menggunakan gorden akan lebih kedap suara dan cahaya daripada ruangan yang memakai tirai gulung pada jendelanya. Salah satu sifat kain adalah mampu menyerap suara sekaligus menahan cahaya agar tidak masuk. Lain dengan bahan tirai gulung yang memungkinkan suara masuk dengan keras beriringan dengan cahaya dari luar jendela.

Baca juga: 2 Aspek Yang Membantu Dalam Memilah Gorden Kantor

Itulah beberapa perbedaan antara tirai gulung dan gorden. Sebelum kamu membeli salah satu di antara keduanya, pastikan terlebih dahulu apa kebutuhanmu di dalam ruangan dan beberapa pertimbangan perbedaan seperti yang sudah dijelaskan.