Perbedaan Poster dan Brosur

Apa Sih Perbedaan Poster dan Brosur?

Di dunia periklanan dikenal berbagai media promosi yang sering dipakai, dua diantaranya adalah poster dan brosur. Walaupun sama-sama berfungsi menyampaikan tujuan tertentu dari pembuatnya, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan. Kamu penasaran apa bedanya?simak informasinya sampai tuntas berikut ini.

Perbedaan Poster dan Brosur

Dari Kertas yang Dipakai Hingga Harga Print A1 Masing-masing

Setidaknya ada enam perbedaan signifikan dari poster dan brosur, yaitu ukuran kertas yang dipakai, bagian kertas yang dipakai, lokasi pemasangan, informasi yang diberikan, target promosi, harga print A1, A3, hingga A5 yang digunakan. Berikut ini informasi lengkapnya.

Kertas yang Digunakan

Poster bisa menggunakan kertas yang lebih besar bahkan hingga ukuran A1, sedangkan brosur menggunakan ukuran kertas yang tak terlalu besar, paling besar biasanya adalah kertas A4 yang sering Anda dapatkan di pinggir jalan saat diberikan oleh seseorang.

Bagian Kertas yang Berfungsi

Poster hanya bisa menggunakan satu sisi kertas saja karena satu sisi lagi digunakan untuk menempelkannya, atau dipasangi media untuk menempatkan poster tersebut, seperti kayu atau stainless steel. Brosur bisa menggunakan dua sisi kertas yang dipakai untuk menyampaikan informasi secara lengkap

Lokasi Pemasangan

Poster bisa ditempatkan dimana saja dan bisa dibaca siapa saja, karena ditempel atau dipajang di berbagai media, sedangkan brosur lebih banyak diberikan dilokasi tertentu langsung oleh pemilik informasi atau marketing officer yang ditunjuk. Contohnya brosur harga ponsel yang diberikan di pinggir jalan.

Isi Informasi

Poster memberikan intisari dari informasi dengan perpaduan kata-kata dan gambar yang dikemas secara menarik menggunakan kertas tertentu dan dicetak dengan harga print A1 warna atau ukuran lain bervariasi tergantung kesulitan gambar yang dicetak. Brosur bisa memberikan informasi secara detil tentang suatu hal sehingga pembacanya terpuaskan, dan terkadang mengabaikan warna dan gambar.

Jangkauan

Poster memiliki jangkauan penerima informasi yang lebih luas karena letaknya yang bisa dimana saja dan tak termasuk direct promotion. Brosur terbatas di lokasi tertentu, karena biasanya diberikan langsung oleh penyedia informasi kepada masyarakat.

Harga Print Kertas yang Dipakai

Poster harganya lebih mahal karena dicetak di atas kertas berkualitas dan tahan lama, apalagi  harga print A1 akan lebih mahal karena ukurannya besar. Brosur tergolong murah karena besar kertasnya terbatas dan pencetakannya tak butuh bahan berkualitas, kertas A4 biasa saja sudah bisa dijadikan brosur.

Itulah beberapa perbedaan mendasar dari poster dan brosur. Kalau Anda akan membuat poster harus sedia anggaran lebih banyak karena harga Jasa print warna atau ukuran lain untuk mencetak poster cukup mahal dibandingkan brosur. Tapi kedua media promosi dan informasi ini tetap jadi pilihan banyak orang jika dibandingkan media sejenis lainnya.