Pengertian Search Engine Marketing dan Peranannya Dalam Pemasaran

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang pengertian search engine marketing (SEM). Memang istilah yang satu ini masih jarang didengar jika dibandingkan dengan SEO. Padahal SEO adalah bagian dari SEM. Selain lebih memahami tentang pengertiannya, masih ada satu hal lagi yang harus dipahami dari SEM, yaitu perannya untuk marketing.

Ada banyak peran SEM di dalam dunia marketing, utamanya digital marketing. SEM dianggap menjadi terobosan baru yang efisien dalam dunia digital marketing. Tidak hanya menawarkan efisiensi namun juga menawarkan kelebihan lain yaitu, budget yang minim. Sebelum mulai membahas lebih lanjut mengenai peran penting SEM baiknya mengenal lebih dahulu tentang pengertian search engine marketing di bawah ini.

Pengertian Search Engine Marketing dan Peranannya Dalam Pemasara

Pengertian Search Engine Marketing

Tadi sempat sedikit disinggung tentang search engine marketing yang sebenarnya merupakan ‘induk’ dari SEO. Jadi dapat dikatakan SEO adalah salah satu bentuk atau model dari SEM. Lalu apa itu SEM sendiri? Pengertian search engine marketing sendiri adalah sebuah strategi atau taktik marketing. Tujuannya tentu untuk meningkatkan jumlah pengunjung website serta rating website di mesin pencari.

Secara garis besar sendiri, SEM dibagi menjadi dua model. Untuk model yang pertama adalah yang biasa kita kenal sebagai SEO, sedangkan model yang kedua adalah PPC atau pay per-click. Kedua model tersebut menjadi bagian penting dari SEM. Tanpa kehadiran kedua model tersebut, tentu SEM tidak akan berjalan.

Peran Penting Search Engine Marketing Untuk Pemasaran

Puas membicarkan pengertian search engine marketing, sekarang saatnya mulai membicarakan tentang peran penting dari SEM. Ada beberapa peran penting dari SEM yang wajib diketahui oleh para calon penggunanya. Berikut ini adalah beberapa peran penting SEM dalam dunia marketing, utamanya dunia digital marketing.

1.Melakukan Promosi Pada Target Pasar Tertentu

Peran SEM yang pertama adalah ia hadir sebagai media promosi yang tertaget. Selama ini media promosi konvensional umumnya tidak memiliki target pasar tertentu. Jadi promosi akan dilakukan seluas-luasnya untuk memperoleh calon klien atau konsumen sebanyak-banyaknya. Namun, hal berbeda hadir dengan adanya SEM.

Kehadiran SEM ini menjawab kebutuhan akan media promosi yang lebih tertaget. Jadi ini akan membuat promosi yang terjadi menjadi lebih efektif. Pasalnya hanya pengguna-pengguna tertentu yang berpotensi besar untuk menjadi klien atau konsumen saja yang dihadirkan di sini.

2.Meningkatkan Pengunjung Website

Search engine marketing ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengunjung website. Kelebihan ini hadir salah satunya dari SEO yang menjadi bagian dari SEM. Peningkatan pengunjung website ini juga turut menghadirkan peningkatan traffict pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang, peluang untuk mendapatkan klien maupun konsumen pun semakin besar.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengunjung website. Semua nantinya dapat dipelajari dengan mempelajari SEO. Salah satunya adalah dengan membuat berbagai macam konten yang menarik, sehingga pengunjung pun tertarik untuk datang.

3.Membangun Brand Awerness

Kehadiran search engine marketing rupanya turut juga membangun brand awerness. Adanya kesadaran brand ini dapat menjadi salah satu langkah yang baik untuk membangun ‘citra’ dari produk atau jasa yang sedang dioptimasi. Adanya brand awerness yang diperoleh dari SEM ini juga turut membantu proses promosi. Bahkan lebih lanjut brand awerness juga menjadi langkah awal untuk membangun kedekatan dengan konsumen maupun klien.

Ternyata dari sini dapat diketahui jika pengertian search engine marketing (SEM) memiliki perbedaan dengan pengertian search engine optimization(SEO). Perbedaan ini cukup mencolok karena diketahui jika SEO merupakan bagian dari SEM. Selain hal tersebut, dari sini juga diketahui berbagai peran penting SEM dalam marketing. Siapa sangka jika SEM memiliki beragam peran penting untuk dunia marketing, utamanya di sektor pemasaran berbasi digital.

You May Also Like