Merancang Ruangan Bermain Anak Untuk Kenyamanan dan Keamanan Aktivitas si Kecil

Ruangan Bermain Anak

Ruangan bermain anak memang selalu tampak menggemaskan dan indah. Dalam ruangan ini, anak-anak tidak hanya bermain namun juga belajar banyak hal. Anak-anak bisa menyalurkan imajinasinya, mengembangkan aspek motoriknya, dan juga bersosialisasi. Namun, dalam merancang ruangan bermain Anak, kita perlu memperhatikan beberapa hal.

Desain Anak-anak

Dari segi desain, ruangan anak selalu identik dengan perpaduan warna menarik namun tidak membuat mata sakit. Biasanya, ruang bermain akan difokuskan pada tema-teman tertentu, seperti tempat binatang, princess, planet dan lain-lain. Kamu bisa berdiskusi dengan si kecil dan cari tahu kira-kira desain ruang bermain seperti apa yang diinginkannya.

Furnitur Aman

Furnitur dalam ruang anak-anak seperti meja, kursi atau lemari haruslah yang terbuat dari material aman. Hal ini karena anak-anak masih sangat rentan akan pengawasan sekitar. Apabila materil furniture berbahaya, anak-anak bisa terluka. Untuk bahan yang baik, kamu bisa menggunakan bahan kayu atau polypropylene plastic.

Tempat Penyimpanan  (Storage)

Ruang bermain anak selalu membutuhkan storageuntuk menyimpan mainan mereka. Untuk membuat tempat penyimpanan yang unik, kamu bisa merancang storagedengan berbagai ukuran, namun juga mudah dijangkau oleh anak. Bentuk-bentuk penyimpanan yang unik, misalnya bentuk rumah-rumahan, pohon, dan lain-lain.

Lantai yang Tepat

Untuk ruang bermain Anak, lantai vinyl adalah pilihan lantai yang tepat. Lantai vinyl memiliki ketebalan 1mm hingga 4.5mm yang mampu meredam suara anak-anak ketika sedang bermain. Selain itu, bahan vinyl sangat nyaman untuk dipijak dan mudah untuk dibersihkan. Kelebihan lainnya, harga vinyl lantaicenderung lebih murah dibanding jenis lantai lainnya. Kira-kira harga vinyl lantai hanya sebesar Rp 150.000 per meternya. Selain lantai vinyl, ruang bermain anak  juga identik dengan karpet besar. Karpet ini tentunya harus tahan dari debu dan bakteri.

Penyejuk Ruangan

Ketika sedang beraktivitas dalam ruang bermain, anak-anak cenderung mudah merasa gerah. Oleh karena itu, penyejuk ruangan akan membuat ruangan semakin nyaman. Suhu ruangan terbaik untuk aktivitas anak sekitar 22-27 derajat Celsius.

Setelah semuanya dirancang, ruangan anak sudah siap! Kamu bisa bermain bersama si kecil dengan nyaman dan menyenangkan. Si kecil pasti makin senang, makin pintar dan makin akrab dengan kamu.

You May Also Like