Macam-macam perkakas berat dalam konstruksi berdasarkan klasifikasi fungsional

Dalam aktivitas konstruksi tak akan terlepas dari alat-alat konstruksi seperti bar cutter untuk mendukung keberlangsungan suatu proyek. Dalam suatu proyek dipakai bermacam ragam perkakas berat cocok gunanya masing-masing. Pada peluang kali ini sarana mutu akan menguraikan jenis perkakas berat berdasarkan fungsional.

Perkakas berat bar bender dikategorikan dalam beberapa klasifikasi antara lain klasifikasi fungsional & klasifikasi operasional. Tetapi, pada peluang kali ini akan diurakain perkakas berat berdasarkan klasifikasi fungsional.

Klasifikasi fungsional perkakas yakni pembagian alat-alat berdasarkan fungsi-fungsi utama dari perkakas berat. Berdasarkan gunanya perkakas berat dipecah sebagai berikut:

  1. Perkakas pengolah lahan
  2. Perkakas penggali
  3. Perkakas pengangkut bahan
  4. Perkakas pemindah bahan
  5. Perkakas pemadat
  6. Perkakas pemroses bahan
  7. Perkakas penempat terakhir bahan

Di bawah ini akan diurakan perkakas berat apa saja yang tercantum kedalam posisi di atas:

  1. Perkakas pengolah lahan

Dozer yakni perkakas berat yang mempunyai posisi berbentuk blade di posisi depan (pelat logam sebagai perkakas pendorong) & rumah mesin penggerak/pengendali. Blade dapat naik turun ke arah vertikal. Roda penggerak mengenakan rantai. Dozer berfungsi untuk mendesak bahan dalam jumlah gede lahan ataupun tanah.

  1. Perkakas penggali

Excavator mempunyai posisi berbentuk lengan (arm), bucket semacam mangkuk pengeruk & posisi tempat kontrol yang dapat berputar 360 derajat. Excavator memilki roda berbentuk rantai. Excavator berfungsi untuk menggali parit, lubang pondasi, membentuk lereng, dll

  1. Perkakas pengangkut bahan

Truck mixer berbentuk layaknya truck tapi mempunyai tabung dibelakng yang berfungsi untuk mengangkut beton fresh. Truck mixer berfungsi untuk mengangkut adukan beton fresh ke zona proyek ataupun kebalikannya.

  1. Perkakas pemadat

Tamping roler mempunyai roda baja yang pada permukaannya terdapat gigi-gigi. Tiap roller ataupun rodanya mempunyai lebar & keliling yang bermacam-macam. Tiap unit perkakas pemadatan terdiri dari satu ataupun lebih roda. Tamping roller berfungsi untuk memadatkan tanah lempung ataupun kombinasi pasir & lempung.

You May Also Like