Langkah Evaluasi Kinerja SEO Dengan Penilaian Akurat

Untuk memastikan bahwa yang kita lakukan sudah sesuai dengan yang kita targetkan, tentu kita harus melakukan suatu evaluasi kinerja. Kita pun akan mampu mengetahui apakah metode yang kita gunakan sudah merupakan cara yang terbaik atau masih bisa dimaksimalkan lagi.

Demikian juga dengan semua usaha yang dilakukan untuk mengoptimalisasi SEO pada website kita. Tentu saja harus dilakukan sebuah evaluasi untuk menilai kinerja SEO tersebut. Karena, SEO bukanlah sebuah teknik yang cukup dilakukan sekali saja. Melainkan harus terus dilakukan secara berkelanjutan.

Evaluasi Kinerja SEO

Hal ini tentu terkait dengan persaingan posisi SERP yang sengit. Webmaster dari website-website di internet akan selalu mengupdate kualitas websitenya. Apalagi, google pun selalu memperbarui ranking di halaman SERP. Jika SEO Anda kurang maksimal, maka bisa dipastikan laman website Anda akan dengan mudah terlempar dari first page SERP.

Langkah-langkah Evaluasi Kinerja SEO

Sebagai pengelola website, Anda harus mengetahui kinerja website Anda. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah data-data website Anda. Seperti naik turunnya traffic pengunjung. Konten Anda yang paling banyak atau paling sedikit dikunjungi, efektivitas keyword yang Anda pasang, serta keyword apa yang digunakan pengunjung untuk sampai ke website Anda. Juga hasil dari menggunakan jasa SEO harus Anda perhatikan jika Anda pernah menggunakannya.

Untuk dapat melakukan evaluasi kinerja SEO pada website Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

1. Menginstal Google Analitycs. Dengan menginstal google analytics Anda akan bisa mendapatkan data-data yang Anda perlukan. Setelah menginstal google analytics, Anda bisa masuk ke search console untuk menambahkan website. Akan dibutuhkan waktu beberapa hari sebelum kedua tools ini mengumpulkan data-data yang kita perlukan.

2. Proses Crawling Website. Yakni mengumpulkan data-data terkait laman website seperti mengetahui broken link, laman duplikat, error atau mungkin meta tag kosong. Untuk proses ini Anda dapat menggunakan beberapa tools untuk scan website Anda seperti: Wildshark SEO spider, screamingfrog SEO spider serta BearmUsUp Crawling Software. Data-data yang dihasilkan oleh tools tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perbaikan.

3. Yang tidak kalah penting adalah riset kata kunci. Jika Anda pengguna blogger, biasanya Anda bisa melihat kata kunci apa yang sering digunakan orang hingga mereka bisa sampai di blog Anda. Namun jika Anda ingin membuat konten baru dengan optimasi SEO, maka Anda harus riset kata kunci terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengoptimasinya dengan menyisipkan keyword tersebut pada judul, meta description dan konten dengan baik.

4. Lakukan analisa konten dengan melihat konten mana yang paling banyak dikunjungi dalam durasi waktu tertentu. Analisa apa kelebihan konten tersebut dan apa kekurangan konten lain. Dengan demikian Anda bisa memperbaiki konten lain yang kurang diminati. Dan menjadikan konten yang paling diminati sebagai acuan membuat konten lainnya yang lebih baik.

Ranking website yang bagus, juga dapat terdongkrak dengan adanya outbond backlink pada website Anda. Backlink merupakan faktor penting dalam penilaian google. Jika konten website Anda sudah maksimal namun belum mendapatkan banyak pengunjung atau ranking google yang baik. Anda bisa mencoba jasa SEO backlink yang dapat menyediakan traffic organik bagi website Anda.