Ini Dia Tips Liburan Murah ke Luar Negeri

Ini Dia Tips Liburan Murah ke Luar Negeri

Keadaan ekonomi seseorang yang tidak menentu terkadang dapat membuat  rencana menjadi berantakan, seperti tertundanya liburan. Namun, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak jalan menuju Roma alias ada banyak cara supaya impian Anda travelling keluar negeri seperti ke Asia, Amerika, bahkan keliling Eropa dapat terlaksana. Anda dapat memulainya dengan me-manage keuangan dengan baik. Berikut ini informasi berbagai tips liburan ke luar negeri dengan dana yang minim.

6 Tips Liburan Murah ke Luar Negeri

1. Liburan saat musim dingin

Jika Anda berencana untuk liburan ke negara-negara yang memiliki empat musim seperti di Eropa, ada baiknya Anda pergi saat musim dingin, aau jika Anda ingin berkunjung ke negara di Asia contohnya adalah Jepang dan Korea. Kenapa harus saat musim dingin? Karena penawaran harga tiket pesawat jauh lebih murah. Anda dapat saving sampai 50% sehingga hanya bayar separuhnya saja. Musim dingin pada belahan bumi bagian utara biasanya terjadi antara bulan Desember hingga Februari atau sekitar tiga bulan. Apabila Anda ingin merasakan sensasi dinginya salju yang lebut, waktu yang tepat adalah berangkat pada pertengahan bulan di musim dingin.

2. Menggunakan Poin Untuk Mendapat Promo

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit, kumpulkanlah poin Anda sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kesempatan menukarkannya dengan diskon tiket pesawat terbang. Selain itu, Anda juga dapat berkesempatan mendapatkan harga spesial untuk hotel dan restauran yang ada di negara yang akan Anda kunjungi. Oleh karena itu, Anda  dapat menekan budget pengeluaran.

3. Liburan Bersama Rombongan (Keluarga atau Teman-Teman)

Travelling memang hal yang sangat menyenangkan bagi banyak orang, entah itu sebagai backpacker maupun dalam grup. Namun, jika Anda ingin berhemat Anda dapat mengajak keluarga atau teman-teman liburan bersama. Semakin banyak orang, biaya pengeluarannya tentu semakin sedikit. Contohnya jika Anda liburan bersama, Anda dapat iuran bersama untuk membayar hotel atau menyewa penginapan. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas solo traveller atau backpacker. Anda tidak hanya bisa menghemat tetapi juga mendapatkan teman-teman baru.

4. Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Ada banyak public facilities yang bisa Anda manfaatkan ketika travelling ke luar negeri seperti wifi gratis. Anda tidak perlu merasa malu untuk menjadi pemburu gratisan. Banyak di negara-negara Eropa juga menyediakan air minum gratis langsung dari keran. Anda tidak perlu khawatir akan kebersihannya karena memang sudah layak minum. Pastikan Anda memang mengambilnya di tempat yang memang seharusnya dan Anda hanya perlu membawa botol air mineral. Dengan begitu Anda dapat saving 20%-30%. Lumayan kan? Anda dapat menyimpannya untuk membeli oleh-oleh atau untuk mencicil budget liburan selanjutnya.

5. Menabung Dengan Biaya Admin yang Kecil

Jika Anda termasuk orang yang cukup sulit untuk menabung, Anda dapat membuat rekening baru dengan sistem auto-debit. Uang di rekening Anda akan secara otomatis dipotong setelah Anda gajian. Namun, pastikan bank yang Anda pilih memiliki biaya admin yang kecil sehingga tabungan Anda cepat terkumpul.

6. Menentukan Budget Selama Travelling

Sebelum Anda travelling, apalagi ke luar negeri Anda harus mempersiapkan biaya pengeluaran jauh-jauh hari. Hal ini agar dapat membantu Anda memperkirakan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan. Berapakah estimasi uang yang akan dikeluarkan dan untuk berapa hari. Jika biaya hidup negara tujuan lebih mahal, Anda dapat menghemat dengan memasak sendiri di penginapan. Untuk mempermudah, Anda dapat membawa bumbu-bumbu instan dari rumah.

 

You May Also Like