Ingin Wisata Edukasi Dengan Dana Minim? Ayo Ke Museum Sejarah Nasional!

Museum Sejarah Nasional

Museum Sejarah Nasional – Sebagai mantan guru SMP swasta kecil, saya pernah merasakan pusingnya mencari destinasi wisata sambil belajar atau dikenal dengan istilah study tour dengan budget yang terbatas. Memang, sewa bus pariwisata Jakarta murah banyak tersedia, tapi ke mana mereka harus saya bawa dengan dana yang tidak memberatkan orangtua? Tenang, bukan guru namanya bila tidak bisa memikirkan jalan keluar. Ada beberapa pilihan yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata edukasi dengan biaya yang murah, salah satunya adalah ke museum. Nah, kali ini saya akan membahas salah satu museum di bilangan Jakarta Pusat, yaitu Museum Sejarah Nasional. Apa saja keistimewaannya?

Terhubung langsung dengan Tugu Monas

Terletak tiga meter di bawah permukaan halaman Tugu Monas, anda dapat langsung membawa anak-anak menuju Tugu Monas setelah keluar dari museum ini. Jadi, dalam satu kali perjalanan, anda bisa mengajak siswa-siswa mengunjungi dua tempat sekaligus, museum sejarah dan tugu Monas.

Berukuran 80 x 80 meter, Museum Sejarah Nasional dibangun kokoh dengan batu marmer yang melapisi sepanjang dinding dan lantai museum. Disana, terdapat 51 diorama atau peragaan sejarah Indonesia, mulai dari kehidupan masyarakat pra-sejarah, berlanjut ke masa kerajaan, hingga masa penjajahan, perang, kemerdekaan RI, bahkan hingga masa pembangunan Orde Baru. Dengan banyaknya kejadian sejarah yang bisa diamati, siswa dapat langsung belajar sejarah secara visual.

Puas mengamati museum, anda dapat membawa siswa-siswi untuk melanjutkan wisata ke Tugu Monas melalui lift yang disediakan. Pelataran puncak Monas dengan ukuran 11 x 11 meter dan dapat menampung 50 orang ini menyediakan empat teropong yang dapat digunakan pengunjung untuk mengamati pemandangan ibu kota. Disini guru bisa memberikan kepada siswa wawasan, bahwa dengan adanya sejarah perjuangan panjang pahlawan untuk kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia, kita dapat menikmati kemerdekaan dan kemajuan Republik Indonesia hingga Jakarta terbangun semegah ini.

Biaya yang murah

Untuk dapat menikmati wisata edukasi di Museum Sejarah Nasional, anda tidak dikenakan biaya apapun. Menarik, kan? Biaya hanya dikenakan bila anda berminat memasuki tugu Monas saja. Itupun harganya relatif murah, hanya sepuluh ribu rupiah untuk pengunjung dewasa untuk sampai ke puncak, sedangkan bila hanya mencapai cawan tugu Monas, harganya hanya lima ribu rupiah. Jadi, jelas sekali tempat ini bisa jadi destinasi wisata belajr favorit, apalagi harga sewa bus pariwisata Jakarta dari http://mustikaholiday.id/ yang semakin terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

You May Also Like