Deretan Zat-Zat Berbahaya Yang Terdapat Pada Rokok

Deretan Zat-Zat Berbahaya Yang Terdapat Pada Rokok

Meskipun himbauan ‘dilarang merokok’ telah ditingkatkan, hal ini tak menyurutkan jumlah perokok pada setiap tahunnya. Padahal seperti yang banyak diketahui, merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Sebut saja seperti penyakit kanker paru-paru, serangan jantung, impotensi, stroke, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit tersebut pada dasarkan timbul akibat kandungan rokok yang beracun dan bersifat karsinogenik yang kemudian merusak sel-sel tubuh. Nah adapun zat-zat kandungan rokok akan dibahas secara detail pada artikel berikut ini.

6 Jenis Zat-Zat Berbahaya Pada Rokok

Telah banyak kasus kematian yang diakibatkan oleh karena terlalu sering merokok. Hal ini dipicu juga oleh karena banyak orang yang tidak mengindahkan himbauan ‘dilarang merokok’ dan menolak untuk hidup sehat.

Nah bagi anda yang masih saja tidak ingin berhenti merokok, anda harus membaca informasi mengenai zat-zat berbahaya yang ada pada rokok di bawah ini.

1. Nikotin

Nikotin merupakan zat yang menimbulkan rasa menyenangkan dan menangkan. Walaupun begitu, zat ini dapat mengakibatkan efek samping berupa kecanduan, kejang-kejang, muntah, dan tekanan pada sistem saraf.

2. Tar

Tar merupakan zat pada rokok yang bersifat karsinogenik. Jika tubuh terlalu banyak mengisap zat ini, maka bisa menimbulkan penyakit emfisema, diabetes, jantung, kanker mulut, dan kanker paru-paru. Selain itu, tar bisa gigi dan jari menjadi berwarna kuning.

3. Hidrogen sianida

Senyawa ini diketahui dapat membuat orang menjadi sakit kepala, mual-mual, kelelahan, dan lain sebagainya.

4. Arsenik

Zat yang satu ini timbul dari pestisida yang digunakan pada tanaman tembakau. Jika masuk ke dalam tubuh, zat ini berpotensi menumbuhkan kanker kulit, kanker saluran kemih, kanker hati, dan ginjal.

5. Karbon monoksida

Zat ini bisa menurunkan fungsi dari kerja otot dan jantung sehingga tubuh seringkali cepat lelah, dan lesu

6. Styrene

Styrene merupakan zat yang bisa membuat mata menjadi iritasi dan gerakan refleksnya menjadi lambat. Selain itu zat ini juga menimbulkan risiko leukemia.

Nah itu dia 6 zat-zat yang terkandung dalam rokok. Semua zat tersebut membawa pengaruh negatif bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kita semua menjauhi rokok dan banyak mengampanyekan aksi dan himbauan ‘dilarang merokok dari gosign.co.id ’.

You May Also Like