Apa itu backlink? Apakah backlink penting bagi website Anda?

Apakah backlink penting bagi website Anda?

 

Carauntukmembuat.com – Pertanyaan mengenai apa itu backlink sering sekali dilontarkan oleh masyarakat pengguna internet. Backlink memang masih terdengar asing di sebagian telinga masyarakat, namun tanpa disadari kita begitu dekat dengan backlink terlebih lagi sebagai pengguna aktif browser.

Apakah Anda pernah sedang membaca warta online (misalnya) kemudian tiba-tiba muncul kolom iklan kecil (di tengah, bawah maupun atas bagian layar) yang ketika diklik akan mengarahkan Anda pada website tertentu, seperti website yang memiliki konten senada atau promosi produk tertentu? Itulah backlink!

Backlink merupakan teknik menempelkan link website Anda di website orang lain yang ketika link tersebut diklik akan mengarahkannya pada website Anda.

Berdasarkan jenisnya, backlink dibagi ke dalam dua jenis, yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Backlink dofollow adalah backlink yang ketika ada link tertera di sebuah halaman website, link tersebut dapat diklik dan terhubung langsung dengan website link nya. sedangkan backlink nofollow adalah backlink yang ketika ada link yang tertera, link tersebut tidak dapat diklik dan Anda tidak dapat masuk ke website pemilik link tersebut.

Sementara berdasarkan teknik bekerja, backlink juga dibagi menjadi dua teknik kerja, yaitu backlink one way dan backlink resiprocalOne way backlink merupakan backlink  satu arah, cara kerjanya dengan menempelkan backlink link Anda ke website tertentu yang hanya mengarah pada website Anda saja, Anda tidak perlu repot-repot menempelkan link website lain di website Anda. Sedangkan resiprocal backlink merupakan backlink dua arah, artinya ketika Anda memasang link Anda di website orang lain, Anda juga harus memasang link website lain di website Anda.

Mengenal Apa Itu Backlink Di Website

Jika ditanya apa backlink bagi website, Ia ibarat bumbu atau penyedap pada makanan yang membuat cita rasa makanan tersebut meningkat. Backlink merupakan bagian dari SEO di mana kehadiran backlink dapat membuat performa website semakin meningkat. Semakin banyak backlink yang terpasang, semakin banyak kemungkinan klikbait terhadap website Anda. Tetapi di sisi lain terkadang banyaknya website yang terpasang belum tentu dapat meningkatkan kualitas performa website Anda, hal ini dapat disebabkan oleh website yang digunakan untuk memasang backlink Anda adalah website yang buruk. Jadi semakin banyak dan semakin berkualitas website yang dipasang backlink akan semakin bagus dampaknya bagi website Anda.

Berdasarkan jalannya link, cara untuk melakukan backlink terbagi ke dalam tiga, yaitu internal link, inbound link dan outbound link.

1. Internal link: Internal link adalah link yang mengarah ke suatu halaman dari halaman website yang sama

2. Inbound link: inbound link adalah link yang ada di postingan Anda di website Anda sendiri atau di website orang lain yang mengarah pada website Anda.

3. Outbound link: outbound link adalah kebalikannya, yaitu link yang ada di postingan atau di website Anda yang mengarah pada website orang lain.

Ketika Anda membangun outbound link, Anda harus mengoptimalkan website dan blog yang berkualitas yang telah memiliki page rank yang tinggi, karena dari sana website Anda juga perlahan akan mengalami peningkatan page rank dan secara otomatis terbangunnya inbound.

Setelah mengenal apa itu backlink di website, langkah selanjutnya seperti yang telah dijabarkan Anda tinggal membangun outbound. Secara singkat, cara untuk membangun outbound adalah sebagai berikut:

  1. Gunakanlah anchor teks (teks yang digunakan untuk menempel link pada postingan Anda) dengan  kata kunci yang berbeda-beda
  2. Hindari menggunakan anchor teks yang sama dengan nama websitenya
  3. Gunakanlah anchor teks yang kata kuncinya senada dengan website Anda
  4. Tempatkan anchor teks tidak hanya pada satu bagian tulisan saja, tapi tempelkan anchor di pembukaan konten, isi dan penutup.
  5. Buatlah outbound pada setiap postingan

Begitu sekiranya mengenai apa itu backlink, perannya bagi website dan bagaimana cara memasangnya. Karena persaingan website semakin ketat, maka selain SEO, backlink juga dapat dijadikan alternatif penting untuk semakin menaikkan posisi website Anda.

You May Also Like