bus pariwisata jakarta timur

6 Tempat Keren Menikmati Keindahan Bunga Sakura di Indonesia

 

Musim semi menjadi salah satu musim yang ditunggu-tunggu oleh pencinta bunga sakura, dan negara Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki pesona sakura yang sangat indah. Musim ini dikenal juga dengan nama cherry blossom festival atau tradisi hanami. Buat kamu yang ingin menikmati keindahan bunga sakura namun tidak memiliki budget yang banyak, 6 tempat di bawah ini bisa kamu datangi bahkan menggunakan bus pariwisata jakarta timur .

6 Tempat di Indonesia yang Menawarkan Keindahan Bunga Sakura

 

bus pariwisata jakarta timur

Untuk menikmati keindahan bunga sakura kamu tidak perlu datang ke Jepang, kamu bisa menikmati keindahannya di Indonesia. Berikut 6 tempat di indonesia yang menawarkan keindahan bunga sakura :

1. Kebun Raya Cibodas, Bogor

Kebun raya cibodas ternyata memiliki kebun bunga sakura yang sangat indah, di dalamnya terdapat 7 jenis bunga sakura yang berada di taman sakura dekat dengan air terjun Cibogo. Taman ini memiliki luas 7500 dan mekar 2 kali selama satu tahun. Kamu bisa datang di bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Tapi penting untuk kamu tahu bahwa bunga sakura tidak mekar dengan sempurna, hal ini disebabkan udara dan iklim di Indonesia sangat berbeda dengan Jepang. Namun kamu masih bisa menikmati warna pink bunga sakura dan kesejukan udara yang ada di Cibodas.

2. Waingapu, Sumba Timur

Sumba dikenal sebagai tempat yang memiliki padang savana yang cukup luas dan gersang, namun ternyata Sumba juga memiliki bunga sakura yang sangat indah. Bahkan di tempat ini sakura seperti pohon liar yang ada di pinggir jalan, kamu juga bisa menjumpai dengan mudah di pedesaan. Untuk menikmati keindahannya kamu bisa datang ke Sumba bulan Oktober dan November.

3. Batam, Kepulauan Riau

Batam merupakan kawasan industri yang memiliki bunga sakura, bunga ini bisa kamu jumpai di depan masjid Nurul Islam. Namun masyarakat sekitar lebih mengenal bunga ini sebagai bunga Tabebuya. Untuk menikmati bunga indah ini kamu bisa berkunjung pada bulan Maret hingga Mei.

4. Karangasem, Bali

Sejak tahun 2012 ratusan bibit bunga sakura ditanam di Karangasem, Bali. Salah satu jenis yang ditanam adalah sakura Yoko yang mampu hidup dengan berbagai suhu. Kamu juga bisa menikmati keindahan bunga sakura pada bulan April dan September di kebun raya Eka Karya.

5. PUSPIPTEK, Tangerang

PUSPIPTEK kepanjangan dan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Bunga di tempat ini mekar 2 kali dalam setahun, banyak orang-orang yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan bunga ini saat mekar.

6. Karanganyar, Jawa Tengah

Belum lama ini telah muncul tempat wisata baru yang dikenal dengan nama bukit sakura Lawu, tempat wisata ini baru diresmikan pada tahun 2018 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kurang lebih 60 pohon sakura telah di tanam di atas lahan seluas 1,2 Ha di lereng Lawu tepatnya di desa Gondosuli, Cemoro Kandang. Pohon sakura di wilayah ini memang masih kecil dan belum bisa berbunga, kamu perlu menunggu beberapa tahun lagi untuk melihat bunga sakura mekar di Karanganyar.

Jadi, buat kamu yang penasaran banget dengan keindahan bunga sakura tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang, kamu tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk pergi ke sana, cukup datangi tempat-tempat di atas dalam waktu tertentu maka kamu bisa melihat keindahan sakura. Untuk menikmati bunga sakura di 6 tempat di atas, jangan lupa untuk menyiapkan dana jauh-jauh hari, dengan begitu liburan akan terasa mudah dan menyenangkan.