4 Alat Potong Akrilik Lengkap dan Cara Penggunaannya

Gergaji Pita

Kaca tebal yang satu ini terkadang begitu sulit untuk dipilah. Padahal, bentuknya begitu indah dan sangat cocok disematkan di rumah bergaya minimalis.

Tapi jika Anda jeli melihat toko alat bangunan, sebenarnya ada berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk memotong kaca bening yang tebal ini. Dan dengan alat potong inilah huruf timbul acrylic nantinya akan terlihat sempurna.

Memotong dengan Gergaji Tangan

Kebanyakan orang lebih suka memotong akrilik menggunakan gergaji tangan. Namun, teknik ini menuntut lebih banyak konsentrasi jika dibandingkan dengan gergaji listrik. Agar hasilnya memuaskan, kami sarankan Anda untuk menggunakan gergaji yang memiliki gigi yang lurus.

Memotong Dengan Pisau Scoring

Pisau Scoring

 

Menggunakan pisau scoring adalah salah satu metode termudah untuk memotong puncak meja akrilik. Proses ini tidak menuntut untuk menggunakan gergaji listrik atau peralatan listrik berat lainnya. Berikut langkah-langkah pemotongan menggunakan pisau scoring:

1.    Tandai area yang ingin Anda potong.
2.    Gunakan pisau scoring untuk memotong alur sempit di lembaran akrilik.
3.    Scoring lebih mudah digunaakaan pada lembaran dengan ketebalan kurang dari ¼ ”(6.35mm).
4.    Tempatkan lembaran di atas tepi yang keras dengan sisi alur menghadap ke atas.
5.    Jepit lembaraan kaca.
6.    Tekuk sisi lembarang overhang dengan cepat dan merata.
7.    Saat lembaran tertekuk, alur akan semakin dalam. Terutama saat retakan merambat di seluruh lembaran.

Memotong Dengan Gergaji Ukir

Jigsaw atau gergaji ukir adalah salah satu alat yang paling diandalkan untuk memotong lembaran akrilik. Perangkat ini adalah alat genggam kecil yang dapat memotong lembaran dengan pisau lurus dengan fungsi naik dan turun dalam gerakan cepat. Jigsaw membantu pemotongan menjadi lebih maaksimal terutama dengan pola-pola yang rumit. Sehingga alat ini sangat tepat untuk memotong huruf timbul acrylic.

Memotong dengan Gergaji Pita

 

Gergaji Pita

Gergaji pita adalah yang terbaik untuk memotong bentuk dan kurva yang rumit. Saat menggunakan gergaji pita, penting untuk memilih blade dan laju umpan mesin secara hati-hati untuk meminimalkan risiko meleleh atau terkelupasnya lembaran kaca. Gergaji pita paling baik digunakan untuk kaca yang memiliki ketebalan lebih dari 0,472 inci. Ini membantu mencapai tepian yang bersih dan jernih dengan mempertahankan ketajaman material.

You May Also Like